Program Kerja PG – TK Kristen 1 YSKI

A. Kegiatan Rutin
1.Kebaktian Bersama
PG –TK Kristen 1 YSKI mengadakan kebaktian rutin setiap hari Kamis minggu terakhir, dimana anak – anak diajarkan untuk hidup takut akan Tuhan dan menjalankan perintah Tuhan dalam kehidupan sehari – hari.

2.Makan bersama
Dalam kegiatan makan bersama, anak – anak dikenalkan berbagai macam jenis makanan yang bergizi dan sehat. Selain itu, melalui kegiatan ini anak – anak diajarkan untuk saling berbagi dan bersosialisasi dengan teman – teman mereka. Sebagai contoh, makanan yang disajikan meliputi : sup, bubur kacang hijau, bakmi, nasi goreng, dan lain sebagainya.

3.Intrakurikuler
Secara umum, kegiatan intrakurikuler yang diadakan di PG – TK Kristen 1 YSKI bertujuan untuk memantau dan mengembangkan bakat dan talenta yang mereka miliki, antara lain:
a)Menari – anak diajak untuk belajar mengembangkan dan mengekspresikan kecerdasan kinestetik melalui gerakan tubuh
b)Musik angklung – anak diajak untuk mengembangkan dan mengekspresikan kecerdasan musik yang dimilikinya (secara khusus, melalui musik angklung)
c)Bahasa Inggris – anak diperkenalkan tentang penggunaan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris
d)Bahasa Mandarin– anak diperkenalkan tentang penggunaan bahasa asing, khususnya bahasa Mandarin.
e)Menggambar – anak diajak untuk mengembangkan dan mengekpresikan

kecerdasan visual – spasial yang dimilikinya, melalui kegiatan menggambar.

4.Extrakurikuler

Secara umum, kegiatan extrakurikuler di PG – TK Kristen 1 YSKI bertujuan untuk memberikan keterampilan tambahan, di luar kegiatan belajar mengajar di kelas, yaitu :

a)Komputer ( wajib)
Anak diperkenalkan dan diajarkan untuk menggunakan komputer.
b)Lasy ( tidak wajib )
Anak dilatih akan daya imajinasi dan kreasinya, melalui permainan ’Lasy’

5.Gosok Gigi bersama
Setiap seminggu sekali, dilakukan kegiatan gosok gigi bersama untuk melatih anak untuk terbiasa hidup sehat dengan menggosok gigi secara teratur.

6.Perpustakaan
Setiap seminggu sekali, anak diajak untuk masuk ke perpustakaan, agar anak memiliki ketertarikan akan buku dan memiliki kebiasaan membaca.

 

B. Kegiatan Insidental
1.Perayaan Natal
Perayaan Natal dilakukan setiap tahun, dengan tujuan agar anak selalu mengingat akan kelahiran Tuhan Yesus.

2.Peringatan Paskah
Peringatan Paskah dilakukan setiap tahun, dengan tujuan agar anak mengingat penderitaan dan pengorbanan Tuhan Yesus untuk menebus dosa manusia, serta meneladani kerendah-hatian dan kesetiaanNya.

3.Pelayanan ke gereja – gereja
Pelayanan ke gereja – gereja, dilakukan dengan menampilkan pujian dari anak – anak di gereja – gereja pendukung YSKI. Dengan demikian, selain anak diajarkan untuk melayani Tuhan, juga dikembangkan talenta anak dalam hal bernyanyi dan ditumbuhkan rasa percaya diri untuk tampil di muka umum.

4.Outdoor learning
Selain di dalam lingkungan sekolah, pembelajaran siswa diprogramkan juga di luar sekolah melalui kegiatan kunjungan ke beberapa tempat yang ada di sekitar kota Semarang, seperti : berbelanja di supermarket, ke stasiun kereta api, ke bandara, toko roti, musium, dll. Dalam kegiatan ini, diharapkan anak mengenal tempat – tempat yang ada di kota Semarang dan belajar melalui pengalaman dan pengamatan mereka di lapangan.

5.Sekolah Akhir pekan ( SAP )
SAP dikhususkan bagi anak – anak pra sekolah yang akan masuk di PG – TK Kristen 1 YSKI. Dalam kegiatan ini, anak diperkenalkan akan lingkungan sekolah ( termasuk : kegiatan, guru dan kelas ), sehingga diharapkan pada saat mereka benar – benar masuk sekolah, mereka telah terbiasa dengan lingkungan tersebut. SAP diadakan selama 10 minggu, antara bulan Pebruari sampai dengan April.

6.Sabtu Ceria dan Parenting
Kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkan nilai – nilai kristiani melalui kegiatan yang menyenangkan dan kreatif bagi anak, di luar jam sekolah. Pada saat yang bersamaan, para orang tua akan dikumpulkan di tempat yang terpisah, untuk mendengarkan ceramah dan berdiskusi tentang kegiatan pengasuhan anak.

7.Wisata / field trip
Kegiatan ini dilaksanakan di akhir tahun pelajaran ( sekitar bulan Mei ), bertujuan untuk melakukan kegiatan rekreasi bersama dengan mengunjungi obyek – obyek wisata di sekitar kota Semarang.

8.Pesta Kelas
Kegiatan ini dilaksanakan di akhir tahun pelajaran, dimana anak – anak membawa makanan dari rumah dan diajar untuk saling berbagi apa yang mereka punya.

9.Penglepasan / Pentas seni
Kegiatan ini dilaksanakan di akhir tahun pelajaran, merupakan penglepasan bagi siswa TK-B, sekaligus juga merupakan ajang bagi anak untuk menunjukkan keterampilan mereka di bidang seni.